November 02, 2009

Tip Merawat Gigi pada Balita

Kadang-kadang orang tua tidak menyadari bahwa gigi bayi dapat rusak segera setelah mereka muncul di mulut. Anda dapat membantu mencegah hal ini terjadi kepada anak Anda dengan mengikuti tips di bawah ini:

  1. Setelah selesai makan, bersihkan gusi bayi dengan kain kasa yang bersih. Mulailah menyikat gigi anak Anda ketika gigi pertama tumbuh. Bersihkan dan pijat gusi di daerah-daerah yang ompong (daerah yang belum tumbuh gigi), dan mulai flossing ketika semua gigi bayi telah tumbuh, biasanya pada usia 2 atau 3.
  2. Jangan pernah membiarkan anak Anda tertidur dengan botol berisi susu, formula, jus buah atau cairan pemanis.
  3. Jika anak Anda membutuhkan dot, berikan anak anda dengan dot yang bersih yang direkomendasikan oleh dokter gigi atau dokter Anda. Jangan pernah memberi anak Anda dot yang dicelup dalam cairan manis.
  4. Hindari Anda mengisi botol dengan cairan seperti air gula dan minuman ringan.
  5. Jika suplai air lokal tidak mengandung fluor (suatu zat yang membantu mencegah kerusakan gigi), mintalah dokter gigi bagaimana anak Anda harus mendapatkannya.
  6. Jika Anda berpikir anak Anda memiliki masalah gigi, bawalah anak ke dokter gigi secepat mungkin.

1 komentar:

  1. wah merawat gigi susu ya? sip deh salam knal aja......met mlm :)

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang artikel ini. Komentar bersifat mendidik dan membangun sangat kami harapkan. Komentar bersifat spam akan dihapus.

 
Copyright @ 2009 Blogger Newspaper: Tip Merawat Gigi pada Balita | Original Template: MINIMA| Modified By NATALUDIN|
Thank's for : Blogger | Photobucket|Picasa |

Top